Minggu, 02 September 2012

PROPOSAL

Pengertian dari proposal adalah sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelasan sebuah tujuan kepada si pembaca (individu atau perusahaan) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut lebih mendetail. Diharapkan dari proposal tersebut dapat memberikan informasi yang sedetail mungkin kepada si pembaca, sehingga akhirnya memperoleh persamaan visi, misi, dan tujuan.
proposal berdasarkan bentuknya terbagi menjadi 2 macam yaitu:
1. proposal formal;
2. proposal semi formal.
sedangkan berdasarkan isinya, proposal terbagi menjadi 3 macam, yaitu:
1. proposal kegiatan;
2. proposal penelitian;
3. proposal proyek (project work).
Berikut adalah contoh proposal kegiatan dalam bentuk semi formal 
PROPOSAL 
Lomba Busana Daerah
Dalam Rangka Hari Kartini
di SMK PGRI Kandanghaur

A. LATAR BELAKANG
           Indonesia  merupakan negara yang sangat kaya akan sorak dan keberagaman suku dan budaya. Keberagaman tersebut berpengaruh terhadap keberagaman-keberagam lainnya, seperti makanan dan busana masing-masing suku dan budaya. Busana daerah merupakan sebuah ciri yang dapat menunjukan karakteristik dari masing-masing budaya sang pemakainya. Tetapi, karena pergeseran budaya akibat derasnya invasi budaya global sekarang ini, busana daerah telah menjadi suatu hal yang jarang terlihat dan dipakai oleh masyarakatnya. Mereka hanya mau menggunakannya pada saat-saat tertentu saja.   Lomba busana daerah merupakan suatu cara agar busana daerah menjadi terlihat dan dipakai oleh masyarakatnya.
         Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 april merupakan suatu moment yang sangat berharga bagi wanita indonesia, karena hari itu adalah hari lahirnya seorang wanita yang kemudian mengangkat harkat dan martabat wanita indonesia menjadi lebih tinggi dari sebelunya yang hanya berkutat dengan masalah sumur, kasur dan dapur. Pada hari tersebut biasanya para wanita di indonesia berusaha untuk menunjukan kemampuan dan potensinya agar dapat mengikuti jejak Kartini sebagai pahlawan panutannya.
         SMK PGRI Kandanghaur merupakan sebuah sekolah yang mayoritas siswanya berjenis kelamin perempuan. Sehingga, hari Kartini  meruppakan suatu hari yang sangat istimewa. Tiap tahunnya SMK PGRI Kandanghaur selalu memeriahkan hari istimewa tersebut dengan mengadakan berbagai macam perlombaan yang dapat menunjukan bahwa kaum perempuan juga memiliki potensi yang tidak kalah dengan kaum pria.
        Berdasarkan hal tersebut, kami OSIS SMK PGRI Kandanghaur berinisiatif untuk mengadakan "Lomba Busana Daerah Dalam Rangka Hari Kartini di SMK PGRI Kandanghaur". Semoga kegiatan ini dapat menjadi inspirasi untuk perempuan-perempuan di SMK PGRI Kandanghuar untuk dapat menjadi penerus-penerus Kartini yang membanggakan.

B. Tujuan
    
1.TUJUAN UMUM
 Adapun tujuan umum dari kegiatan "Lomba Busana Daerah Dalam Rangka Hari Kartini di SMK PGRI Kandanghaur" ini, adalah:
-  mempertahankan kebudayaan daerah di tengah derasnya arus globalisasi;
-  memperingati hari kelahiran R.A. Kartini sebagai tokoh penggerak emansipasi wanita Indonesia

2. Sedangkan tujuan khusus dari kegiatan "Lomba Busana Daerah Dalam Rangka Hari Kartini di SMK PGRI Kandanghaur" ini, adalah:
- melestarikan busana daerah sebagai salah satu aset nasional;
- menjadikan SMK PGRI Kandanghaur sebagai instansi pendidikan yang menghargai perjuangan emansipasi wanita

C. Sasaran kegiatan
      adapun sasaran dari kegiatan ini adalah siswi dari kelas X, XI, XII, yang berminat untruk mengikuti kegiatan.

D. Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan
      Waktu
      Tempat


 

 
 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar